Remote Komputer Lewat Android via WiFi

Haaiiii... Paada artikel kali ini saya ingin memberikan tutorial sekaligus review Remoting PC Apps untuk Android. Yups, aplikasi ini ditujukan untuk me-remote PC/Laptop via wireless atau LAN. Tetapi diharuskan jaringan yang disediakan menggunakan Wireless Hotspot atau yang sering kita sebut Wifi. Sebenernya banyak sih artikel kayak gini di Google, tapi coba ane buat dengan bahasa yang mudah dimengerti ya gan.


Nah, aplikasi yang saya akan share kali ini memiliki sedikit perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan aplikasi remote yang lain. Reviewnya nanti kita akan bahas di akhir post ya gan. Untuk tutorialnya silahkan disimak gan, gampang kok. J

Silahkan download Aplikasinya lewat link yang sudah saya sertakan

Playstore | APK Only (Still Upload..)

Download juga Aplikasi yang nantinya akan diinstal di PC Agan. Oh iya, aplikasi remote ini tidak bisa dihubungkan langsung ke PC, melainkan harus menginstal server Wifi Mouse terlebih dahulu di PC agan, download link Server Remote saya sediakan di akhir artikel. Untuk lengkapnya bisa simak spesifikasi minimal untuk menjalankan aplikasi ini.

Untuk PC/Laptop: 
  • Windows  XP ke atas (7, 8/8.1, 10*)
  • Support WiFi dan LAN
  • No Virus! WAJIB!


Untuk Android:
  • Minimal Android Versi ICS
  • WiFi WAJIB!
  • Support Multitouch (Minimal 2 point)
  • No Malware (Monkey Test, Time Servies .etc)


Tutorial
  • Download dan Instal Wifi Mouse untuk Android dan PC.

Sebenarnya setelah Aplikasi server Wifi Mouse terinstal di PC/Laptop bisa langsung dijalankan otomatis tanpa perlu konfigurasi ini itu. Tapi kita akan konfigurasi sedikit agar Aplikasi Server Wifi bisa running otomatis saat Windows melakukan booting.

  • Jalankan Aplikasi Server Wifi Mouse.
  •  Klik kanan ikon mouse di sistem tray.
  • Lalu pilih Auto Run paling atas sendiri.

  • Oke, setting di PC/Laptop sudah selesai. Beralih ke Smartpone milik agan.
Yang pasti sudah terinstal kan aplikasinya? Kalau belum silahkan download dan instal aplikasi APK yang saya berikan di atas. Aplikasi ini juga tersedia di Play Store kok.
  • Buka Aplikasinya.
  • Klik ikon rantai sebelah kanan pada nama komputer agan. Kok komputer saya gak kebaca gan? Nanti kita bahas di bagian FAQ ya gan.
  • Setelah klik dan tersambung akan keluar beberapa menu seperti ini.

  • Jika sudah keluar menunya berarti smartphone android Agan sudah terhubung dengan PC. Coba pilih menu Mouse dan sentuh dan geser layar smartpone agan lalu perhatikan pointer di komputer. Bergerak kah? J Jika iya berarti hubungan Smartphone Android dan PC/Laptop telah sukses dan terhubung dengan baik.
Oke, cukup mudah kan?

REVIEW
Aplikasi satu ini jauh berbeda jika dibandingkan dengan aplikasi remoting lainnya seperti RDP milik Microsoft atau TeamViewer. Salah satu kekurangan aplikasi ini tidak adanya Live Desktop. Jadi saat kita mengoperasikan aplikasi ini kita diharuskan terpaku pada layar desktop karena tidak adanya remote desktop seperti TeamViewer.

Jadi aplikasi ini memang dibuat untuk basic mouse seperti pada umumnya, tapi sepertinya lebih mirip touchpad daripada mouse. Satu lagi kekurangan aplikasi ini. Entah ini sebuah Bug atau bukan, di beberapa aplikasi yang membutuhkan UAC atau User Account Control, secara tiba-tiba aplikasi ini freeze atau seperti membeku dan tidak merespon perintah pengguna. Tetapi setelah jendela aplikasi yang memerlukan akses UAC ditutup atau diminimize, mouse berjalan dengan lancar. Sejauh itu yang saya alami.

Pernahkah Agan menggunakan remote desktop yang lain, seperti TeamViewer yang popular saat ini, saat remote terhubung dan menggerakkan kursor atau pointer, maka gerakan yang dihasilkan tidak semulus pergerakan jika tanpa remote. Itulah yang dinamakan Path atau dalam dunia game disebut Lag. Penyebab lag pada pointer ini disebabkan banyak hal, diantaranya Internet lambat, jaringan sibuk, dan CPU atau RAM penuh. Itulah kelemahan Remote Desktop saat ini.

Tapi berbeda jika Agan menggunakan aplikasi Wifi Mouse yang sudah kita bahas kali ini, sangat minim sekali path atau lag saat mengendalikan pointer dari smartphone. Jika Agan adalah seorang yang sering melakukan presentasi maka aplikasi ini mungkin cocok untuk Agan. Mungkin itu kelebihan yang paling menonjol saat ini. J

F.A.Q
Q : Fiturnya Cuma Mouse doang gan?
A : Nggak gan, udah include Keyboard, browser navigator, windows control sama gaming mode.

Q : Ini aplikasi freeware apa harus bayar dulu buat pake gan?
A : Sebernarnya free gan, tapi sebagian fitur yang dibatasi dan diharuskan membeli lisensi kalau mau pakai yang full version.

Q : Untuk beli full versinya gimana gan?
A : Bisa lewat Google Play langsung gan.

Q : Untuk iPhone sama Windows Mobile ada nggak gan?
A : Waduh ane ga tau gan, ane cuma ngadopsi Android. :-D

Q : Linux bisa juga ngga gan?
A : Kayaknya nggak bisa gan, aplikasi servernyanya cuma dibuat untuk platform windows aja.

Q : Gan, ane ga punya wifi di rumah, ada cara lain buat nyambungin ngga?
A : Kalo cara lain gak ada gan, tapi Agan bisa buat koneksi wifi sendiri lewat laptop. Caranya di artikel nyusul ya gan. Oh iya, Android agan kans ada tethering Wifinya. Itu bisa dipake kok.

Q : Gan, kok komputer ane ga kedetect di Hp ya?
A : Pastiin komputer dan Smartphone Agan udah tersambung di jaringan yang sama. Coba ganti IP Address, nonaktifkan atau buat pengecualian di Firewall. Kalo ada Antivirus, coba Disable sementara gan.

Q : Gan, aplikasinya udah kesambung tapi kok kursor ga gerak sama sekali gan?
A : Restart komputernya, restart juga smartphone Agan. Setelah restart, hubungkan kembali. Pastikan sudah terhubung di jaringan yang sama ya.

Q : Gan, ente kok ganteng banget?
A : Makasih.. :-*

Download Link Server

Kalau ada kesulitan langsung komentar aja ya gan. Nanti saya jawab satu-satu.

MRP@Admin ^_^

7 Responses to "Remote Komputer Lewat Android via WiFi"

  1. link wifi mouse buat pc mana mas bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini gan:
      http://wifimouse.necta.us/Mouse-Server.exe

      Delete
  2. mau nanya bro.. punya saya sudah terbaca IP nya diandroidnya, tapi kalau mau diconnect kan mlah muncul disconnet,, kira2 masalahnya dimna yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau disambungkan lalu muncul disconnect, artinya sudah terhubung.. Tulisan disconnect itu buat mutus sambungannya.

      Delete
    2. gan , kox ane failed connect ke pc nya sih ?

      Delete
    3. Harus satu jaringan ya gan, coba step"nya diperhatikan lagi. Atau bisa kontak FB ane. Trims.

      Delete
  3. Hmm berarti butuh 3 device ya bang

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah pembaca yang meninggalkan Komentar. ^_^
Jika Link rusak silahkan beritahu saya melalui komentar.

*Mohon untuk berkata yang Sopan
*No Spam
*No Sara

"Untuk pengguna Anonim, Mohon tinggalkan Nama.