Review Ad-Aware Free Antivirus+


Haaiii sob..
Lama nih ane ga bikin post. Iya, kali ini ane mau review Antivirus besutan Lavasoft nih gan. Awalnya ane iseng-iseng cari info antivirus terbaik di syekh Google. Dan setelah beberapa blog ane baca, ane tertarik untuk instal Antivirus Ad-Aware Free Antivirus+. Ya, antivirus satu ini terbilang simple sekali untuk interfacenya. Jika ane menilai dari dari 1 sampai 10, ane hanya bisa kasih 8.0. Tidak membingungkan, gampang diingat setiap konteks menunya, sangat simple dan elegan dengan tema berwarna putih bersinar. :-P

:

Jika kita menggunakan versi Free, kita hanya disuguhkan virus scanner dan real-time protection saja. Jika kita ingin mendapatkan Web Protection, Email Protection, Network Protection dan lain sebagainya, kita diharuskan mempunyai lisensinya dan tentu saja tidak gratis. Enak amat lu kalo dikasih gratis! wkwkwk..

Ad-Aware Antivirus hanya menyediakan 3 versi untuk melindungi komputer agan dari serangan program berbahaya, yaitu Ad-Aware Free Antivirus+, Ad-Aware Pro dan Ad-Aware Total Security yang mana mempunyai total dari semua perlindungan untuk PC agan. Dan tentunya Total Security terbilang lebih mahal.

Sekarang untuk performa, tentu setiap program yang terpasang di setiap komputer akan memakan sumber daya atau Resource. Terlebih dari segi RAM. Tak terkecuali program antivirus satu ini. Untuk performa ane hanya bisa kasih 4.0, kenapa? Banyak sekali alasan kenapa nilai ini sangat tepat untuk Ad-Aware Free Antivirus+. Full scanning sangat labat, waktu estimasi lamanya pemindaian juga tidak akurat, saat awal full scan Ad-Aware Free Antivirus+ estimasi lamanya pemindaian menunjukkan 1 jam 30 menit, tapi entah kenapa bisa sampai 4 jam lebih. WOW! Tentu banyaknya file dalam HDD sangat berpengaruh cepat atau lambatnya proses scanning.



Memakan banyak sekali sumber daya dan RAM. Mungkin jika ane rangking, Ad-Aware menempati peringkat ke 3 setelah Kaspersky dan AVG. Ad-Aware Free Antivirus+ sangat sering melakukan false wanrning atau salah pendeteksian. Bahkan sebagian data kerjaan ane dibabat abis sama antivirus satu ini. Dan untuk restorenya sangat buruk, program akan sering hank dan not reponding yang mengharuskan ane untuk merestart komputer. Very Bad! 5.0 untuk performance.

FYI, spek komputer ane IntelCore i3 2.34Ghz, 4GB RAM, HDD 500GB 5400rpm, VGA shared 1GB onboard.

Untuk automatic update juga sangat lama, entah dari koneksi internet saya atau server database Lavasoft yang kurang cepat mentransmisikan data. Awal update database signature sekitar 140Mb, jika kita download dengan browser dan menggunakan kecepatan 1Mbps, mungkin hanya 20 menit download akan selesai. Tapi berbeda dengan Ad-Aware Free Antivirus+, update awal database sangat lama, dan tidak dapat dipause sementara. Wah, payah! 4.0 untuk Autoupdate Ad-Aware Antivirus.


Nah! Ini yang paling ane jengkel kan. Saat ada update engine dan versi terbaru, interface Ad-Aware muncul di tengah pekerjaan kita yang padat. Ini adalah moment yang sangat menyebalkan bagi ane. Dengan status Protection Inactive dan tulisan New Update Available yang sangat amat mengganggu aktivitas keseharian kita. Jangan pernah berharap untuk meng-klik Update Now. Kenapa? Karena sepanjang pengalaman ane memakai antivirus ini, tidak akan ada respon sama sekali saat mencoba klik update now! Buruk, inilah antivirus terburuk yang pernah ane coba. 3.0 untuk notifikasi dan manual update.

Kesimpulan:

  • Interface sangat simple, mudah digunakan dibandingkan AV lain.
  • Performa sangat buruk dan tidak disarankan bagi PC Middle-Low.
  • Scanning sangat payah! Banyak false-alarm. Alhasil program ane dipanen sama antivirus ini. Dan seringnya hank dan not responding.
  • Autoupdate dan Manual update sangat buruk! Downloading database sangat lama. Manual update tidak merespon sama sekali.
  • Notifikasi/pemberitahuan yang tidak bersahabat.
Dan akhirnya ane putuskan untuk Full Uninstall sebagai pilihan terakhir. Bye Ad-Aware Free Antivirus.

Terima kasih atas kunjungannya ya sob! ^_^
Admin@mrp

0 Response to "Review Ad-Aware Free Antivirus+"

Post a Comment

Pembaca yang baik adalah pembaca yang meninggalkan Komentar. ^_^
Jika Link rusak silahkan beritahu saya melalui komentar.

*Mohon untuk berkata yang Sopan
*No Spam
*No Sara

"Untuk pengguna Anonim, Mohon tinggalkan Nama.