Review Modem Speedy Huawei HG532e

Assallamualaikum sobat..
Pada post saya kali ini saya ingin me-review modem besutan dari Telk*m Speedy.

Spesifikasi :

  • Support ADSL2+ uplink
  • Support four Ethernet ports downstream interfaces
  • Support wireless IEEE 802.11b/g/n, speed up to 300Mbps
  • Support route mode and multi-service interfaces
  • Support advenced management via HTTP, TR-069
  • Support built-in Firewall
  • Support IPv4 and IPv6
Kebutuhan akan pentingnya sebuah konekivitas Internet kini menjadi prioritas paling utama dalam setiap pekerjaan sehari-hari. Terlebih lagi adanya jaringan WiFi yang kini menjadi primadona setiap Netizen yang mencari gratisan. Hehehe... Sebelum membahas konektivitas WiFi tidak Afdhol jika tidak membahas Router WiFi nya dulu. Seperti postingan kali ini Modem Speedy Huawei HG532e yang akan kita "kupas" kualitasnya kali ini. :)

Pada bagian samping modem ini terdapat tiga tombol utama, yaitu WPS, WLAN dan Power Button. Walau pun tidak selengkap tombol pada router lainnya, penulis kira cukuplah untuk standar untuk modem rumah. Beralih pada sisi belakang Modem, terdapat 4 port Ethernet/LAN, 1 port WAN PPPoE, Reset Botton dan Jack Power. Pada bagian atas terdapat lid lamp untuk monitoring aktifitas lalulintas data pada Modem, seperti Power lid, Internet, ADSL, WLAN, Ethernet 1 - 2 - 3 - 4, dan WPS.

Desain Modem ini cukup unik jika dibandingan dengan Modem Router pada umumnya, dengan body persegi empat dan kaki berbentuk oval yang menyangga body modem, menjadikan modem ini bisa "bediri". Hayoooo... Ga boleh ngeres.. :v Modem ini tidak dilengkapi dengan antena luar (ext.) melainkan Built-in antena (Int.). Jika ditanya soal kekuatan sinyal, tidak seperti beberapa Router Modem keluaran speedy yang hanya menjangkau jarak kurang lebih 60 Meter tanpa penghalang dari router dengan ketinggian Modem 2.5 meter. HG532e dapat manjangkau jarak sampai 70 Meter dengan ketinggian Modem 2,5 meter (hasil survey penulis). Unik bukan? Dan Anda dapat mengatakan penulis kurang kerjaan. Memang iya.. :D

Untuk penerimaan sinyal ADSL, tidak terlalu signifikan. Karena banyak hal yang sangat mempengaruhi tinggi rendahnya SNR yang diterima oleh segala jenis Modem. Diantaranya adalah kualitas kabel yang sangat kurang, atau hancur, terlebih lagi jika pelanggan Speedy masih menggunakan kabel tembaga. Walau pun dewasa ini fasilitas FO sudah disediakan oleh pihak Telkomspeedy. Atau jauhnya jangkauan dari server DSLAM ke rumah pelanggan juga sangat mempengaruhi kualitas sinyal yang bisa 'didengar' oleh Modem.

Kembali ke Review, pada modem tipe ini, untuk dapat masuk ke menu setting Anda dapat masuk dengan 2 username:

User : admin
Pass : admin
==========================================
User : support
Pass : theworldinyourhand

Jika Anda masuk dengan user Admin, Anda akan disuguhkan setting feature yang standart Administrator. Jadi jangan heran jika pengaturan yang disediakan tidak lengkap, atau Anda kira 'hilang' . Hehehe.. :D

Berbeda dengan login support. Anda akan disuguhkan dengan semua fitur yang disedikan oleh modem ini. Seperti menghilangkan atau menambah SSID jaringan WiFi Anda, pengaturan blacklist/whitelist filter, upgrade software dan lain-lain.

16 Responses to "Review Modem Speedy Huawei HG532e"

  1. mas saya ada masalah pda modem hg532e yang saya dapat dari telkom
    pas mau direset udah 10 detik gk kereset, trus mau masuk ke situs modemnya itu gk bisa
    Tolong bantuannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Resetnya agak lama dikit gan Wegi. Tahan tombol resetnya sama pulpen sampe 15 detik lalu lepas. Nanti bakal reboot modemnya, setelah reboot, masuk setingan modem lewat kabel UTP aja.. Jadi jgn lewat WiFi.. Masuk ke login aksesnya 192.168.1.254 > Login pake:

      User : support
      Pass : theworldinyourhand

      Kalau ada apa2 tulis aja masalahnya di komntar. Ntar ane bantu.

      Delete
  2. mas Reza apakah modemnya bisa dijadikan repiter?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk fitur repeater di modem ini tidak ada gan..

      Delete
  3. Masih mau tanya setelah modem hg532enya kita reset trus setting baru lik gk bisa akses internet ya, apakah ada yg saah/kurang di settingannya
    Yg saya Isi hanya vpi 8 vci 81 username dan pass speedy nya.... Kira2 ada yg kurang lah? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya sesudah isi username dan dan password, kita langsung bisa akses internet lewat SSID 1 dan LAN Ethernet Port 1 dan 2.. Jika tidak bisa akses internet, pastikan LED indikator ADSL dan LED Internet menyala. Jika mati, coba hubungi Telkom gan Firdaus.

      Delete
  4. Masih mau tanya setelah modem hg532enya kita reset trus setting baru lik gk bisa akses internet ya, apakah ada yg saah/kurang di settingannya
    Yg saya Isi hanya vpi 8 vci 81 username dan pass speedy nya.... Kira2 ada yg kurang lah? Terima kasih

    ReplyDelete
  5. Masta, modem ini kn ada fitur wps nya. Btw cara masukkin wps pin manual gimana gan ? Trus contoh wps pin nya sekalian.
    #maafNewbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. WPS modem ini cuma berupa tombol gan.. Jadi tinggal tekan tombol WPS sampai indikator LED WPS kedip-kedip. Lalu sambhungkan perangkat lewat mode WPS. Jadi tidak pakai WPS PIN. ^_^

      Delete
  6. nice artikel bos... kunjbalnya bos

    ReplyDelete
  7. mas mw tanya modem huawei hg532e settingan vpi dan vci tidak muncul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak salah ada. Masuk lewat login root:
      user : support
      pass : theworldinyourhand

      dibagian config kalau ndak salah, sy agak lupa, karena modem sy yg ini udah lama mati kesambar petir.. :D

      Delete
  8. Mau tanya mas modem buat sampe 100 meter pake modem apa untuk wifi dengan halangan tembok2 dan pepohonan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau terhalang object jangkauan jadi terbatas gan. Kalau mau sampe tembus halang rintang bisa pake repeater antena seperti TP-LINK TL-WA5210G. Di bukalapak banyak jual dan setingannya juga mudah.

      http://www.tp-link.co.id/products/details/cat-37_TL-WA5210G.html

      Delete
  9. Itu internetnya maketin dmna ya?

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah pembaca yang meninggalkan Komentar. ^_^
Jika Link rusak silahkan beritahu saya melalui komentar.

*Mohon untuk berkata yang Sopan
*No Spam
*No Sara

"Untuk pengguna Anonim, Mohon tinggalkan Nama.