Review Laptop Toshiba Satellite L740 - Core i3 [Lengkap]


Assallamu'alaikum Sobat... ^_^


Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan sedikit Review Laptop Toshiba Satellite L740 - Core i3. Mungkin diantara pembaca sudah memegang komputer jinjing ini sebagai pelengkap kebutuhan sobat sehari-hari.

Spesifikasi:

  • Prosessor Intel Core i3 M 380 @ 2.53GHz (4core)
  • RAM 2 GB DDR3
  • HDD
  • DVD+RW
  • Ethernet 10/100Mbps
  • WiFi 802.11 b/g/n
  • Bluetooth 3.0
  • Audio Dual Mini Speaker - Build-in Microphone HD
  • CardReader 2.0
  • 1x 3.0 USB, 2x 2.0 USB
  • Webcam 1.3 MP
  • WXGA HD 14" Bright Display
  • Intel HD Graphics
  • Windows 7 Home Premium

Sedikit cerita penulis tentang produk keluaran Toshiba ini, saat pertama membeli saya agak terkesan "Waw!" karena menghadirkan model yang menurut saya cukup elegan (Pada pertengahan tahun 2012). Tidak heran kenapa produk ini bisa dibandrol sampai Rp.4.999.000,- pada saat itu. Dengan dipersenjatai dengan prosessor Core i3 (Generasi Pertama) dengan kecepatan sampai 2.53Ghz yang beraksitektur 64bit prosessor dan RAM 2GB dapat di-upgrade sampai 8GB (Dual Channel). Cukuplah untuk pelajar seperti saya dulu. Hehe.. Saat pembelian penulis hanya mendapat asessoris seperti Dosbook, Charger ori, cooling pad, DVD Driver Win 7 only, dan mouse harga 15ribuan. :P Tidak ketinggalan buku garansi juga.


Untuk masalah performa laptop brand Toshiba ini bisa dibilang "handal" untuk masalah multitasking, lumayan lancar dengan sedikit adanya masalah Not Responding untuk menjalankan program besar, seperti Adobe Premier CS5/CS6, Autocad, dan sejenisnya yang memerlukan kualitas VGA yang tinggi. Toshiba Satellite L740 hanya berbekal VRAM 64MB.

Jika ditanya masalah game, laptop ini hanya mempuni game kelas Medium seperti PES 2010, NFS Most Wanted, Underground, Resident Evil 4, Winning Eleven, GTA San Andreas, dan lainnya. Untuk game kelas atas seperti FIFA 4, PES 2014/2013, Watch Dogs, Call Of Duty 4, bisa-bisa meledup ni laptop sob. :P hehe.. Karena Laptop ini hanya dibekali dengan VGA onboard Intel HD Graphics yang sangat buruk untuk masalah visual grafik.



Tetapi dengan bekerja mutitasking, suhu pada Laptop ini bisa sampai ketinggian di atas 45 derajat Celsius (Kurang Lebih), sebenarnya kondisi seperti ini masih bisa dikatakan pemakaian wajar. Tapi alangkah baiknya jika pada kondisi ini silahkan siram dengan air... :D Untuk kondisi seperti ini, penulis biasa untuk mengistirahatkannya dengan cara Shutdown atau Sleep sampai suhu normal kembali. :)

Dari segi pemakaian Hardware, berbekal HDD bawaan 320GB merk Toshiba, dari pengalaman penulis sangat mengecewakan. Transfer data yang sangat lambat, dan repotnya untuk masalah maintenance, seperti Defraging, Backuping, partisi yang tiba-tiba meminta diformat, bermain game yang nge-lag dikarenakan lambatnya read-write data. Kasus seperti ini memaksa penulis untuk memutar otak mencari dana untuk penggantian Hardisk baru. Sampai artikel ini ditulis pun hardisk yang baru tidak ada masalah fatal seperti Hardisk bawaan yang lama.


Charger laptop ini masih bisa dibilang awet karena sampai saat ini pun penulis belum melakukan pergantian pada perangkat Charger. Bagian dashboard lapotop terdapat Touchpad multi touch yang menurut penulis lumayan nyaman untuk digunakan, tidak licin seperti kebanyakan laptop dan notebook lainya. Untuk bagian keyboard, menggunakan standart keyboard atau yang biasa disebut mini keyboard, tanpa numeric keys. Menurut penulis agak sedikit bermasalah jika ada debu atau kotoran yang menempel atau masuk ke sela keyboard, hal ini bisa mengakibatkan salah satu tobol macet, sehingga harus membersihkan area tombol tersebut dengan alat pembersih.



Untuk itu cara yang tepat untuk mengatasi maslah ini adalah dengan membeli pelindung untuk keyboard.

Laptop ini dilangkapi dengan 6 lampu LED indikator, yaitu AC Power Led, Power Led, Battery Indikator, HDD Indikator, Card Reader Indikator, dan Wireless Indikator. HDD Led menjadikan laptop ini semakin mudah untuk didiagnosa jika terjadi kerusakan atau adanya virus yang menyerang Hardisk. Di bagain bawah lampu indikator ini terdapat slot untuk adapter card reader.



Batere lapotop ini juga bisa dibilang lumayan awet untuk masalah pemakaian, Li-Ion 6 Cell Saving Power menjadikan laptop ini bisa tahan sampai 2.5 jam untuk pemakaian normal.
Webcam camera juga yahh.... Bisa dibilang lumayanlah, tapi tidak disarankan untuk mengambil gambar pada waktu malam. Karena gelap adalah kelemahan pada camera jenis ini (Chicony USB Cam). Bluetooth laptop ini juga lumayan cepat untuk transfer data ke perangkat seperti gadget.

Kita kembali ke maslaah software. Sangat saya sarankan untuk menggunakan sistem operasi Windows 7. Pengalaman dari penulis, saat melakukan upgrade atau downgrade ke Windows 8/8.1 atau Windows Xp, banyak sekali permasalahan yang muncul, diantaranya ketidakcocokan Driver di windows 8/8.1 karena basic OS laptop ini adalah windows 7. Beberapa user banyak yang mengeluhkan HDD status yang selalu busy, atau tingkat pemerosesan data selalu menyentuh angka 100% padahal tidakadanya aktivitas yang dilakukan. Untuk Windows 10 di Laptop Toshiba Satellite L740 saya belum bisa memberikan review, dikarenakan sibuknya L740 saya dinas di kantor. :-D Dan sampai saat ini penulis masih setia menggunakan OS Windows 7 Ultimate 64 bit Original. Hehehe..

Oh iya.. Laptop ini juga memiliki fitur "Sleep And Charge" adalah fungsi dimana laptop ini bisa dimanfaatkan sebagai pengisi daya pada perangkat mobile seperti Smartphone atau iPod. Ya lumyanlah bisa dimanfaatkan seperti power bank. Tapi tidak diketahui berapa besar kapasitas pengisian atau cepatnya dalam mengisi daya pada gadget.




Berikut beberapa Screenshoot Softwre Toshiba Sattelite L740:
(Klik untuk memperbesar gambar)






Sekian akhir dari artikel ini. Sebelum membeli sebuah barang, ada baiknya kita bertanya tentang kualitas. Bukan pada bentuk dan kuantitas.. :) Terimakasih sudah berkunjung.. Jangan lupa, pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar.. Hehe..

Admin@MasRezaPamungkas

107 Responses to "Review Laptop Toshiba Satellite L740 - Core i3 [Lengkap]"

  1. agan mau nanya, kira2 vganya bisa di upgrade ke g force g?klu ada caranya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa balas gan.. L740 built-in VGA sma prosessor gan... Ga bisa di upgrade... Dan kebanyakan laptop sekarang VGA nya udah nyatu sama Mobo... :) Kalau mau gaming cari laptop yang Dual VGA aja... Atau beli spek komputer gaming... :)

      Delete
    2. toshiba l740, suaranya tiba-tiba mati gan, istilahnya kadang muncul kadang mati...
      padahal sound intrnal udah diganti ama yg baru. solusinya gan?

      Delete
    3. Mungkin hardware speaker L740 agan rusak... Mungkin kena debu... Coba aja bongkar, lalu bersihkan... Kalau agan ngga punya keahlian buat bongkar laptop, serahkan aja sama teknisi Laptop di servis center gan... Semoga sembuh L740 nya... ^_^

      Delete
    4. Misi disini dikatakan tidak kuat maen game kelas berat? Buktinya saya main pes 2016 di lepy kuat² aja ram nggak ditambah tp harus dikasih coolpad kalo nggak lag

      Delete
  2. gan gmna kalo tanda lampu indikator power LED dan Baterai LED menyala bersamaan kedap kedip??
    itu knp gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru sempet bales gan.. Banyak faktor yang nyebab'in Indikator Power LED kedip" gan.. Biasanya RAM bermasalah (kasus ini biasanya Laptop ga mau booting), bisa juga karena power daya dari batere/AC power udah ga kuat.. Kalau Indikator baterenya yang kedip2, biasanya emang baterenya udah soak gan.. Minta ganti..

      Delete
  3. Makasih review nya laptop aku g ada aktif bluotooth nya gimana cara aktifinya...kata tukang servicenya katanya beleum ada yang bener yg mana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti'in dulu gan, Laptopnya bener ngga seri Satellite L740? Soalnya tipe Satellite L745 bentuk dan specknya sama.. Kalo bener pasti ada kyak punya ane.. Kalo emang yakin bner, instal driver Bluetoothnya.. Driver bluetooth laptop ini ada 2 gan.. Atheros Bluetooth Filter sama Bluestack milik toshiba.. Coba Instal dulu..

      Delete
  4. Bang kalau laptopnya dipake autocad ga lag ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngelag dikit gan Dhandy, soalnya VGA nya masih onboard 780MBan.. Jadi untuk program yang pakai grafik tinggi ya pasti ngelag.. Makasih udah mampir gan..

      Delete
  5. Gan minta link driver VGA untuk L740nya wind 7/8.1 32 bit
    Makasih :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedot gan.. :D
      http://support1.toshiba-tro.de/tedd-files2/0/display-20120413101348.zip

      Delete
    2. gan linknya rusak, ada link baru ?
      makasi sebelumnya

      Delete
    3. Bisa Agan download di situs resmi toshiba di link ini:
      https://pc.toshiba-asia.com/support/drivers/details/41742

      Atau direct link:
      http://fs3.pc.toshiba-asia.com/toshibasg/drivers/public/doc/SL730_L735_L740_L745_L750_L755_WIN732_HR_Intel_Display_Driver_8.15.10.2291_TC70097200J.exe

      Delete
  6. Oiyaa sama itu seri VGA.nya apa ya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seri apa Versi gan...? Kalo versi 8.15.10 kalau seri ya Intel HD Graphics..

      Delete
  7. gan caraa mengatasi laptop toshiba L740 biar ga lemot gimana gan ane udah tambah ram menjadi 3, ane pakai windows8.1 gan,?...........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan pake Windows 8/8.1 gan. Win 8/8.1 bikin berat HDD bukan RAM. Downgrade ke win 7 aja... Lancar... Windows 8 bagi ane bad product...

      Delete
    2. Pakai windows 10 sja,,lancar koq

      Delete
    3. Ane belom coba gan. Ane setia sama win 7..Hehehe. Sayang, masih geniue windowsnya..

      Delete
    4. Ane paket win 10 lancar-lancar aja gan

      Delete
  8. Gan laptop ane juga sama. Tapi kok lempar ya gan kalo buat main cid black ops. Solusinya gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. L740 belom kuat buat maen CoD gan... System Requirementnya kurang gan.. Harus nVidia GForce atau AMD buat run game seberat CoD.. Coba lihat bagian review game yang ane tuilis di artikel gan...

      Delete
  9. Replies
    1. Drivernya bisa Agan download lewat link ini:
      http://www.randi-isk.com/2013/11/toshiba-satellite-l740-windows-7.html

      Maaf baru bisa balas, kesibukan di dunia nyata gan.. Hehehe...
      Cara downloadnya: Klik 'Download Now' > Tunggu 5 detik > Klik 'Lewati' di pojok kanan atas. Thanks.

      Delete
  10. gan,saya punya laptop toshiba l740..windowsnya saya ganti jadi ullimate 64 bit, sebelumnya homebasic 32 bit...kira2 dampaknya apa ya gan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ada dampaknya gan. Biasanya malah lebih cepet. Untuk L740 sendiri prosesornya udah support 64bit. Jadi ga masalah. Pastikan RAMnya sudah 4 GB biar lebih stabil.

      Delete
  11. Bang sekalian minta upload driver toshoba l740 win 7 64 bit yang lengkap ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ane update di bawah artikel gan.. Maaf ga bisa upload satu".. Inet lagi lemot.. :D Thanks!

      Delete
  12. Habis ganti hardisk mlh mati total. Nyampe rmh dari tmpt servis dinyalain cm smpe tampil windows trus black screen. Indikator yg nyala cm paking kiri sama ind charging. Kira2 apanya ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di instal ulang windows apa gan? Disarankan kalo pake Hardisk baru langsung clean instal aja (maksudnya fresh instal Windows). Biasanya Windows korupt. Kalau ada kendala bisa contact ane di facebook, nanti ane bantuin. ^_^ www.facebook.com/masrezapamungkas

      Delete
  13. gan
    kok ane main Pes 2012 ga kuat ya?

    ReplyDelete
  14. toshiba l740 saya soundnya tiba-tiba hilang masalahya udah 1 tahunan ganti baru balik lagi maslahnya.ini kenapa ya ? driver tidak ada masalah. apakah toshiba l740 cacat disoundnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau maksud agan di bagian Speaker desktop (di atasnya keyboard), biasanya tersumbat debu gan.. L740 ane beli sejak 4 tahun yang lalu belum pernah rusak speaker desktopnya.. Kalau maksud agan di Jack Soundnya, YA! Saya pernah ngalam'in Jack Port Headset mati dan harus ganti. ^_^

      Delete
  15. Gan ko l740 aneh gk bisa connect wifi y,,masalah nya keluar tulisan doesn't have a valid ip sama problem with wireless adapter or access point,,bisa kasih masukan gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setting IP Addressnya jadi DHCP gan... Itu settingannya yg salah.. Lebih lanjut PM ane aja.. Ntar ane bantu konfigurasi..

      Delete
  16. gan, L740 di instal windows 10 gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan.. Tapi sebagian Driver tidak kompatibel... Touchpad, VGA Driver, sama webcam ga cocok gan..

      Delete
  17. gan aku ga pernah punya laptop, n sekarang ni mau beli laptop bekas punya temen l740 yang penting banget di cek apa yaa, harganya murah sih 1,8jt.. kasih saran gan.. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek HDD, seluruh tombol keyboard, dll.. Tanya'in dlu sama temen agan dulu pernah service apa belum.. Kalo udah pernah service, pernah rusak apanya dulu.. Kalau rusak bagian mainboard, mending dipikir" dulu gan.. :)

      Delete
  18. Gan, mohon bantuannya
    ane udh donlot semua driver yg agan kasih untuk
    Network Controller
    PCI Simple Communications Controller
    Unknow device, tidak bisa install. mohon pencerahaanya.

    NB: ane udh add fb agan..
    matur nuhun sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. OS yang dipakai sekarang apa gan? Udah coba pake Driverpack Solution gan? Biasanya Driver yang ga suport sama OS yang dipakai.. Contoh, driver win 7 dipakai di win 8/8.1

      Delete
    2. Maaf baru bisa balas sekarang gan.. Kesibukan kerja gan, udah ane confirm reqnya.. Thanks!

      Delete
  19. gan, bagi solusi nya, ane install windows 7 atau 10 yg 64 bit selalu gagal, tp yg 32 bit sukses, gimna cara pasang 64bit di laptop L740 gan? di laptop ane yg lain contoh C800D sukses mau 64 atau pun 32 gan

    ReplyDelete
  20. Gan, ane udh lama sih update bios ke versi terbaru. Klo di versi initial release kan lampu indikator batere sama power berkedip terus saat di charge. Itu pertanda apa ya? Terus ane update ke versi terbaru koq bukannya berkedip lagi tapi lampu indikator power yg nyala terus tanpa berkedip dan lampu indikator baterai yg mati. Itu juga pertanda apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin Bug atau semacamnya gan.. Ane belum pernah nyoba update bios. Kalo ada tutorial boleh dong dishare. :D

      Delete
  21. Gan, kok wifi saya gak mau connect ya ? Ada solusi ?

    ReplyDelete
  22. Gan bisa cek inbox fb? ada yang mau di tanyakan seputar thosiba l740 thx..

    ReplyDelete
  23. Ada yg main pes di toshiba l740??

    ReplyDelete
  24. gan, bagi solusi nya, ane install windows 7 64 bit selalu gagal, tp yg 32 bit sukses, ditunggu balasannya gan...

    ReplyDelete
  25. Maaf gan minta petunjuk neh, sy baru install L740 sy pake win 7 32bit, jreng...jreng setelah beres dan ane cek ternyata webcam nya ga kedetect padahal ane masukin drivernya juga ga mau runing, ane dah bingung neh gan padahal ane butuh bgt tuh kamera buat video call. Mohon petunjuknya gan thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas gan.. Coba pakai driver ini gan.. Punya ane works.

      http://support1.toshiba-tro.de/tedd-files2/0/webcam-20120413112000.zip

      Delete
  26. Gan. Laptop Toshiba L740 bisa upgrade prosesor gak ya?

    ReplyDelete
  27. Gan laptop toshiba l740 ane d driver ny udh ada tuh terinstal wifi nya.. tp d pencet fn+f8 ko g turning on trus yah..cakra trus icon wifi dbwah nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah coba reinstall drivernya gan? Skarang pakai windows apa? trims

      Delete
  28. Gan ukuran dvdnya l740 itu berapa inc ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ukuran DVD? Setahu saya Toshiba semua sama gan.. Kalau HDD 2.5inch (HDD Laptop)

      Delete
  29. Gan mau nanya baterai leptop Toshiba l740 sya habis total tpi kgak bsa d cas lagi, d copot btrai ny jga kgak bsa d cas, tapi ane cba btrai teman ane bisa gan, trus ane cpot btrai teman ane ane psang btrai ane wktu lgi ngcas bsa gan, tpi hbis it mati lagi gan, gmna solusi nya gan ? & Bsa ngga btrai Toshiba l740 pkai btrai Toshiba yg lain ? Tlong bantuan ny gan, tlong balas k @mail ane gan govindaflanata@Gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk lebih amanya belikan Baterai baru untuk L740 agan. Mungkin memang sudah waktunya untuk ganti baru. Tidak baik jika dibiarkan memakai baterai yang sudah rusak, bisa merusak komponen Motherboard dan merusak HDD. Baterai L740 kompaibel dengan seri Satellite L730/735/745/750/755/770/675, dengan harga sekitar Rp.450.000,- original.

      Delete
  30. Om bro toshiba ane 32bit ram 2gb, kalo mau upgrade di 64bit bisa ga ya? Atau solusinya gimana? Soalnya buat nginstal software buat edit video kebanyakan fot 64bit. Ditunggu banget pelajarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru sempat bales, Bisa, ane sebelumnya juga make 64 bit di 2GB, tapi disarankan diupgrade juga RAMnya, untuk editing Video: Adobe Premiere, AE, Media Encoder, Magix Movie Edit, Edius, dll minimal RAM 4 GB.

      Delete
  31. gan...... laptop toshiba saya, indikator baterai dan HDD kedip2 bersama-sama saat baterai lg dicharge,dan indikator persen pada pojok kanan bawah semakin turun, saya sudah ganti baterai baru, tetap sama strum ga mau masuk ke baterai... gimana solusinya?

    ReplyDelete
  32. gan...... laptop toshiba saya, indikator baterai dan HDD kedip2 bersama-sama saat baterai lg dicharge,dan indikator persen pada pojok kanan bawah semakin turun, saya sudah ganti baterai baru, tetap sama strum ga mau masuk ke baterai... gimana solusinya?. Ratno

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada dua kemungkinan, coba ganti chargernya yang 19V atau setara 3.42 Ampere. Bisa minjem temen. Jika hasilnya sama, kemungkinan IC Charge (yg terletak di Board) sudah mulai rusak.

      Delete
  33. gan saya afdal dari padang, klo mau ganti hardisk yang kompatibel buat sama toshiba l740 gmna gan, trus yg spesifiksi yang mana ya ???
    soal nya ane liat d situs jual beli hardisk banyak macam sama merek nya...
    dan utk yang 1 TB bagusan pke hardisk merek ap gan, mohon sarannya....
    trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua jenis HDD bagus, tp yg sy rekomendasikan merk Seagate atau WD. Untuk tipenya sudah pasti Hardisk Sata 2.5 inch. Jadi kalau mau beli HDD di toko bilang aja : Mbak mau beli Hardisk Laptop sata 2.5 inch 1TB (Seumpama).

      Delete
  34. gimana caranya ngatasin tidak bisa install ulang gan? mentok di setup nya saja. sudah nunggu ber jam2 tidak mau masuk ke setupnya. muter2 terus.. mohon solusi anacandar5@gmail.com

    ReplyDelete
  35. gan ane kn jga pengguna l740 2gb 32 bit ,… ane juga pengen up kw 64 bit... bagi tutorny dong gan..... email ke ane y abisi.mutiarahitam@gmail.com ..... btw klo up ke 64 bit apa ngaruh ke win genuiny...??
    ane juga rencana up ram ke 4 gb.
    maaf bnyk nanya ...newbie.
    ditunggu emailny y gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Instal seperti biasa, bisa pakai DVD Installer atau bootable ke FD. Pengahruhnya makin ajib kalu di tambah ram 4 GB. Maaf tidak sempat email, di sini aja biar banyak yg ngebaca. Hehehe..

      Delete
  36. Replies
    1. DDR3 PC-10600 gan. Jangan yang DDR3L! Tidak cocok. Harus DDR3. Terserah berapa GB atau merek apa.

      Delete
  37. gan mau nanya, l745 gue icore i5 ram 4gb nvidia geforce cuda, bisa upgrade ke windows 10? bagi drivernya dong sebab di link resmi gada untuk win 10 trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toshiba Seri L7XX update driver hanya mentok di windows 8/8.1. Tidak ada driver untuk windows 10 terutama VGA.

      Delete
    2. cuma download drver nvidia nya sama driver wifi biasanya gan, l740 ku pake win 10 64bit ram4gb doang

      Delete
  38. Mau tanyaa, kalau misalkan laptopku (Toshiba Satellite L740) suka mati mendadak kenapa ya? Sebelumnya baterainya sudah gaada krn rusak, jadi kalau mau pakai harus sambil di charge, tapi sering banget mati mendadak dan gabisa nyala kecuali di cabut dulu chargernya lalu dipasang lagi dan di aktifin lagi, tapi tetap sering mati gitu huhu udah di service tapi gitu terus, kenapa yaa? Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada 2 kemungkinan:
      1. Minta replace batere original (harga 800rb an)
      2. IC Power lemah. Jadi saat CPU Usage penuh, dia ngga kuat.

      Coba belikan batere dulu.

      Delete
    2. nyalakan dengan cas tampa betere

      Delete
  39. gan, mau tanya. laptop saya tosibha L740, cara mengatasi sound laptop yang kadang sering tiba-tiba mati itu gimana gan? klo pake headset tidak ada masalah gan, tapi kalo pake speaker laptop di buat liat video atau dengerin musik, sering tiba-tiba mati. apa karena crash dengan aplikasi lainnya?? terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan, hardware speakernya yg bermasalah. Service/ganti saja. Mumpung sparepart masih mudah dicari.

      Delete
  40. Gan mau tanya. Laptop saya Toshiba L740, setelah install ulang tampilan layar tidak bisa penuh dan pilihan resolusi 1366x768nya Hilang? udah di update driver VGAnya masih juga, itu kenapa Gan ya ? terima kasih....

    ReplyDelete
  41. Assalamualaikum
    Mau nanya gan

    Leptop saya toshiba L 740 saya sudah service leptop saya
    Saya ganti hardisnya
    Tp masih tetap layar biru
    Setiap mau dipakai internetan sekitar 5 menit kembali lagi layar biru

    Pliis mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja masalahnya Ram error, atau driver crash (perlu update driver)

      Delete
  42. Gan Ada saran software/Driver support Game di Laptop Toshiba satellite l740? Mohon Solusinya TerimaKasih.

    ReplyDelete
  43. Hdd toshiba emang payah gan. Ane udah ganti sampek 10 biji

    ReplyDelete
  44. gan.. laptop toshiba L740 saya kalau dihidupkan pakai batrai beserta carger sering mati sendiri.. tetapi kalau dicabut baterainya (pakai carger aja) bisa normal hidupnya,,, itu masalahnya apa ya gan.. dan solusinya apa ya?

    ReplyDelete
  45. sore gan. kalo mau upgrade ram ke 4 gb toshiba l740 sendiri gimana caranya an ya kalau boleh tau. setelah di upgrade apa mesti di instal ulang lagi laptopnya atau udah bisa langsung diapake gan? trims gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak perlu Instal ulang, cukup upgrade saja. Upgradenya harus beli RAM di toko komputer. Kalau masih kurang pengalaman bisa minta orang IT / Teknisi Komputer buat minta upgrade RAM.

      Delete
    2. terima kasih gan reza
      nanya lagi gan
      saya install windows 8.1 64 bit. tapi belum ketemu driver graphicnya, boleh bantu kasi linknya gan? udah banyak driver saya cobain tapi masih tetap belum bisa gan,. thanks

      Delete
  46. Ada yg pnya mobo L740/L745 normal bisa ditawarkan wa 081332314079

    ReplyDelete
  47. Terimakasih atas infonya mas reza

    ReplyDelete
  48. gan saya tambah ram 4gb tapi kok yang usablenya cuma 3gb ya gan, padahal kedetect 6gb gan, ini windows 7 32bit

    ReplyDelete
  49. Yang port 3.0 yang mana sih bang,,,
    Udah muter2 cari info g Nemu.....

    Maaf baru beli srcondnan....

    ReplyDelete
  50. Sy masih setia pake L740 di taun 2020 ini. Rencana mau upgrade ram 4GB. Pakai windows 7. Bisakah langsung dipasang di slot kedua? Thanks jawabannya

    ReplyDelete
  51. Mohon bantuannya. Toshibaku indikator powerled dan baterry led nyala bersamaan pas dicas dlm keadaan mati. Akibatnya ga bisa nambah ngecasnya. Solusi?

    ReplyDelete
  52. Min boleh minta driver bluetooth nya nggk?

    ReplyDelete
  53. link rusak gan.
    http://support1.toshiba-tro.de/tedd-files2/0/webcam-20120413112000.zip

    ReplyDelete
  54. BABYLIS Pro Titanium Flat Iron Plated Stainless Steel
    This durable titanium jewelry and lightweight stainless steel plated bronze model includes a gold titanium alloy fully polished titanium alloy stainless steel frame camillus titanium and is ideal for work on any occasion where nano titanium by babyliss pro a $59.99 · ‎Out of stock

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah pembaca yang meninggalkan Komentar. ^_^
Jika Link rusak silahkan beritahu saya melalui komentar.

*Mohon untuk berkata yang Sopan
*No Spam
*No Sara

"Untuk pengguna Anonim, Mohon tinggalkan Nama.