Cara Mengoptimalkan Search File Pada Windows Explorer

Fitur search tool pada Windows Explorer adalah 'penyelamat' bagi seseorang yang suka lupa saat meletakkan file atau data. Fitur ini sudah disematkan Microsoft sejak Windows 2000, dan sampai saat ini fitur ini sangat berguna bagi pengguna.

Seperti judul artikel di atas Cara Mengoptimalkan Search File Pada Windows Explorer, sebenarnya untuk penggunaan normal, pencarian data yang dilakukan Windows Explorer tidak terlalu terasa perbedaannya sebelum dan setelah pengoptimalan. Pada dasarnya sama, hanya kecepatan dan detail pencarian yang bisa dimaksimalkan. Baik, silahkan ikuti tutorial berikut ini..


  • Buka Windows Explorer sobat.. (Saya di sini user WIndows 7, untuk Windows 8/8.1/10 silahkan menyesuaikan)

  • Pilih 'Organize' pada pojok kiri atas. Dan pilih lagi menu 'Folder and search options'
  • Pilih tab 'Search'..

Baik, sebelumnya saya akan sedikit menjelaskan sub-sub menu konteksnya..
Yang pertama pada Menu What to search.. Terdapat:


  • In indexed locations, search file and content. In non-indexed location, search file names only.

Jika kita memilih opsi ini maka pencarian file pada indexer (folder-folder yang sudah terindeks oleh Windows). Jadi saat kalian melakukan pencarian dengan keyword 'presentasi', maka hasil yang akan ditunjukkan oleh Explorer adalah kecocokan nama dan konten (isi file) pada folder yang sudah terindeks sebelumnya. Dan Explorer hanya akan menampilkan kecocokan keyword dengan nama file pada folder yang tidak terindeks atau terdaftar pada cache Windows Explorer sebelumnya.
  • Always search file names and contents
Nah, jika kalian pilih opsi ini, maka di setiap pencarian dengan keyword apa pun, file yang sudah terindeks mau pun yang tidak, semua akan di baca secara rinci oleh Windows Explorer. Baik dari kecocokan nama atau kecocokan dalam konten (isi file). Dan pada akhir kata This might take several minutes, atau jika diartikan proses pencarian akan memakan waktu yang lebih lama.

Dan pada menu How to search.. Terdapat:

  • Include sub-folder in search result when searching in file folders.
Saat kalian mencentang opsi ini, Windows Explorer akan melakukan pencarian ke folder dalam folder. Jadi saat kalian menghilangkan opsi ini, Windows hanya akan melakukan pencarian pada satu folder atau direktori. Dan tidak disarankan menghilangkan opsi ini dari pencarian.
  • Find partial matches
Opsi ini berfungsi mencari sebagian kecocokan pada nama file atau isi konten. Contohnya saya punya file bernama 'presentasi107.pptx', dan saya melakukan pencarian dengan keyword '107', jika opsi Find partial matches saya hilangkan maka saya tidak bisa menemukan file tersebut, karena untuk menemukannya saya harus memasukkan keyword 'presentasi107' atau nama file secara utuh. Sebaliknya jika saya mengaktifkan opsi tersebut maka file dengan mudah saya temukan, karena ada kecocokan antara nama dan keyword yang saya masukkan. Kalian paham kan sob? 😄
  • Use natural language search
Fungsi ini digunakan untuk menyelaraskan keyword yang terlihat 'kaku'. Contohnya kalian ingin mencari lagu Mariah Carry, maka biasanya kalian mengetik keyword 'lagu mariah carry'. tapi dengan bantuan opsi ini, kalian hanya perlu mengetikkan keyword 'Mariah Carry', dan secara otomatis Windows search menampilkan semua lagu atau kecocokan dengan kata Mariah Carry. Tapi sayangnya fitur ini hanya bisa mengenali beberapa bahasa saja. Dan Bahasa Indonesia tidak didukung untuk sementara.
  • Don't use the index when searching in file folders for system files
Tanpa opsi ini, pencarian apapun yang kalian lakukan akan menjadi lebih lama. Sebenarnya apa sih fungsi 'Indexed Files'? Sebenarnya index file pada Explorer fungsinya mirip dengan cache pada Browser. Dan ibaratnya jika kita tidak menggunakan cache (Mode Incognito), maka browser akan menampilkan halaman lebih lama. Karena tidak menggunakan cache yang tersimpan sebelumnya. Dan saat kalian menghilangkan opsi ini pada, Windows search tidak akan menggunakan file yang terindeks yang sudah ada, jadi pencarian akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Dan pada menu When searching non-indexed locations.. Terdapat:
  • Include system directory
Sudah pasti, fungsi ini sangat vital digunakan untuk pemetaan atau pencarian file pada Explorer. Karena jika opsi ini dihilangkan Windows search tidak akan melakukan pencarian 'diluar' file indeks selain system directory atau file sistem. 
  • Include commpressed file (ZIP, CAB, ..)
Secara default, opsi ini memang tidak diaktifkan. Karena pencarian akan dilakukan menyeluruh pada file yang berekstensi ZIP, CAB, RAR, 7zip, etc.. Mungkin pencarian akan menjadi lebih rinci, tapi akan membutuhkan waktu yang agak lama.

1 Response to "Cara Mengoptimalkan Search File Pada Windows Explorer"

Pembaca yang baik adalah pembaca yang meninggalkan Komentar. ^_^
Jika Link rusak silahkan beritahu saya melalui komentar.

*Mohon untuk berkata yang Sopan
*No Spam
*No Sara

"Untuk pengguna Anonim, Mohon tinggalkan Nama.